Berita & Peristiwa

Seminar dan Workshop The 5th MRT Jakarta

International Civil Engineering Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan Seminar dan Workshop bertema “The 5th MRT Jakarta” di Student Lounge, Gedung  Thomas Aquinas UAJY, Senin (4/9). Acara ini sudah lima kali dilakukan namun baru pertama kali Tokyo City University dan UAJY mengadakan seminar ini di Yogyakarta.

Seminar dan workshop tersebut mengadirkan 5 pembicara yaitu Sushardjanti Felasari, S.T., Msc.CAED., Ph.D dosen UAJY, Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M. Eng dari Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Masaru Minagawa dari Tokyo City University, Okkie Putriani, S.T dan Ibnu Fauzi, S.T sebagai Hyperloop Researcher Magister Program, UAJY.

IMG_6814

Dalam seminar tersebut, Sushardjanti menguraikan tentang “Smart City” di mana terdapat enam faktor untuk pengembangan implementasi Smart City dan salah satu faktor yang penting adalah visi dan peran aktif pemerintah.

“Pemerintah seharusnya tidak hanya mempertimbangkan data yang dimiliki oleh pemerintah saja, melainkan juga mengandalkan data dari masyarakat, agar mengetahui kebutuhan masyarakat karena terkadang keputusan pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”ujar Sushardjanti.

IMG_6800

Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng. dosen Universitas Diponegoro, Semarang yang menyampaikan materi tentang Environmental Concrete and Materials. Sesi ketiga dilanjutkan oleh Prof. Masaru Minagawa dosen dari Tokyo City University Jepang. Masaru menyampaikan tentang Building Information Modelling and Cost Management. Sesi  materi terakhir tentang “The Futuristic Transportation System: Hyperloop” disampaikan oleh Okkie Putriani,S.T. dan Ibnu Fauzi, S.T. sebagai Hyperloop Researcher, Magister Program, UAJY.

Peserta dalam acara seminar ini adalah mahasiswa-mahasiswi Teknik Sipil International dan juga dari mahasiswa Tokyo City University Jepang yang semuanya berjumlah 30 mahasiswa. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi mahasiswa-mahasiswi untuk melihat proyek Mass Rapid Transit (MRT) tentang perubahan dan progress yang dicapai selama bertahun-tahun.

Lainnya: