DIREKTORI APTIK


Universitas Atma Jaya Makassar

Sejarah

Sejarah Singkat Universitas Atma Jaya Makassar


Universitas Atma Jaya Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya , didirikan dengan Akte Notaris Joost Dumanauw No. 17 tanggal 9 Juni 1980 (yang kemudian diperbaharui dengan akte Notaris Sitske Limowa No. 69 tanggal 14 februari 1985). Dengan dasar ini Panitia Pendiri Universitas Atma Jaya Makassar yang dikoordinasikan oleh Prof. Dr. C. Salombe dan Prof. Teng Tjin Leng melakukan persiapan dan upaya perwujudan pendirian Universitas Atma Jaya Makassar. berkat kerja keras Panitia, dan restu Wali Gereja KAUP Makassar, Mgr. Dr. Frans van Roessel serta dukungan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah, Universitas Atma Jaya Makassar mulai tahun akademik 1981/1982, berdasarkan Surat Koordinator Kopertis Wilayah VII No. 085/1981 tanggal 14 Juli 1981, memulai kegiatan akademiknya.

Pada awal berdirinya Universitas Atma Jaya Makassar membuka Program Sarjana Muda untuk Fakultas-fakultas:

1. Ekonomi dengan mahasiswa baru 191 orang
2. Hukum dengan mahasiswa baru 102 orang
3. Teknikdengan mahasiswa baru 86 orang Dalam waktu yang relatif singkat Universitas Atma Jaya Makassar berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 34/0/1983 tgl. 5 Januari 1983 memperoleh status terdaftar untuk fakultas dan jurusan:

1. Fakultas Ekonomi
- jurusan manajemen
- Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

2. Fakultas Hukum
- Jurusan Hukum Keperdataan
- Jurusan Hukum Pidana
- Jurusan Hukum Tata Negara

3. Fakultas Teknik
- Jurusan Elektro (Teknik Tenaga Listrik)
Berkat upaya dan kerja keras yang terus menerus dari semua pihak baik universitas maupun yayasan untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat dan pembangunan, maka dalam perkembangan lebih lanjut Universitas Atma Jaya Makassar terus mengalami peningkatan status dan penambahan jurusan serta program studi baru.

a. Tahun akademik 1985/1986 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 045/0/1985 tgl. 28 Januari 1985 diizinkan menyelenggarakan pendidikan Program Strata satu (S1) untuk semua fakultas dan jurusan yang ada.

b. Tahun 1992 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 82/DIKTI/Kep/1992 tgl. 2 April 1992 memperoleh status diakui.

c. Tahun akademik 1988/1989 pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik dibuka Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Elektronika.

d. Tahun akademik 1992/1993, pada fakultas Ekonomi dibuka Jurusan/Program Studi Akuntansi.

e. Tahun akademik 1995/1996, pada Fakultas Teknik dibuka lagi 2 Jurusan/Program baru yakni Jurusan/Program Studi Teknik Mesin dan Jurusan/Program Studi Teknik Sipil.

f. Tahun akademik 1996/1997, dibuka lagi satu fakultas eksakta baru, yakni Fakultas Pertanian dengan Jurusan Teknologi Pertanian Program Studi Teknologi Universitas Atma Jaya Makassar didirikan pada tahun 1980, diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya Makassar. Izin operasional Universitas Atma Jaya Makassar dikeluarkan oleh kopertis wilayah IX pada tanggal 14 Juni 1981.

Pada tahun 1983, Universitas Atma Jaya Makassar memperoleh status terdaftar berdasarkan SK Mendikbud No. 034/0/1983 tertanggal 5 Januari 1983.

Sejak berdirinya Universitas Atma Jaya Makassar telah dipimpin oleh :
Prof. Mr. Teng Tjing Leng
Letkol. Dr. S. J. Jobs
Drs. Lucas Paliling, Lic.
Prof. Eduard Frans Likardja, SH.
Dr. Piet Timang, Pr
Dr. Alex Paat, Lic. Ed.
Prof. Dr. Ir. Tjodi Harlim
Rafael Tunggu, SH.,MS.
Drs. Felix Layadi, Lic. Th.

Visi Misi

Visi dan Misi Universitas Atma Jaya Makassar adalah sebagai berikut :

1. Visi Universitas :

- Universitas Atma Jaya Makassar sebagai perguruan tinggi Katolik merupakan komunitas akademik yang menjadi wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta profesionalitas yang senantiasa dijiwai oleh nilai-nilai Kristiani, yakni cinta akan kebenaran, keadilan sosial, kebebasan, keterbukaan, persaudaraan dan semangat pelayanan, dengan visi : menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pendidikan akademik dan profesional di tingkat nasional.

2. Misi Universitas adalah :

- Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional yang menjadi wadah pengembangan karakter dan profesionalisme
- Mengelola pendidikan tinggi yang efektif dan efisien dalam suasana akademik yang beretika dan bermartabat.
- Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan terknologi
- Menyelenggarakan penelitian yang berkesinambungan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepentingan masyarakat.

Informasi

Arti lambang Universitas Atma Jaya Makassar

 

Universitas Atma Jaya Makassar memiliki lambang bebrbentuk segi lima yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut :

- Perahu layar phinisi yang melambangkan sifat berani dan pantang menyerah masyarakat Bugis-Makassar Sulawesi Selatan yang juga dikenal sebagai pelaut dengan motto :"Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut ke pantai".

- Ditengah layar terdapat perisai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Falsafah hidup Bangsa Indonesia.

- Diatas perisai Pancasila terlihat burung merpati dengan tujuh berkas sinar melambangkan Roh Kudus yaitu Roh Kehidupan dan Kebenaran.

- Dilatar belakang terdapat salib kuning sebagai lambang umum Kekatolikan.

- Kelopak bunga dengan lima lekukan ke luar dan lima lekukan ke dalam mengandung pengertian "Wawasan Almamater dan Kampus Tanjung Bunga".

- Di antara segi lima lekukan kelopak bunga terdapat tulisan "Atma Jaya" berarti Rohlah yang Jaya, jiwalah yang unggul.

 

Jl. Tanjung Alang

(0411) 871038
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
EkonomiS1AkuntansiB/316
EkonomiS1ManajemenB/306
EkonomiS1Psikologi
HukumS1Ilmu HukumB/304
Pasca SarjanaS2Magister Akuntansi
PertanianS1Sosial Ekonomi Pertanianx
PertanianS1Teknologi Pertanianx
TeknikS1Sistem Informasi
TeknikS1Teknik ElektroC/251
TeknikS1Teknik Informatika
TeknikS1Teknik MesinB/302
TeknikS1Teknik SipilB/306
Teknologi InformasiS1Sistem Informasi
Teknologi InformasiS1Teknik InformatikaC/258
Anggota APTIK